Posting pekerjaan

11 Kru Kapal Liga Jaya 189 Yang Tenggelam Di Pangkep Ditemukan di Perairan Takalar

Seputartakalar.com – Sebanyak 11 orang penumpang kapal sempat dikabarkan hilang kontak di wilayah Perairan Lajjukang, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. Mereka masing-masing adalah Haji Ulla, Wahyudi, Aji Aci, Imran, Tadju, seorang pria berinsial NN, Sahar, Papo, Ancu, Jasir, dan Parly.

Kepala Basarnas Makassar Mustari mengatakan, mereka yang hilang kontak menumpangi Kapal Liga Jaya 189. “Saat ini kami menggerakkan KN SAR Kamajaya untuk segera melakukan pencarian, jarak tempuh kurang lebih 1,5 jam untuk tiba di lokasi pencarian,” kata Mustari, Selasa (2/6).

Kapal berangkat sejak 31 Mei 2020 lalu, Mustari mengungkapkan, informasi terkait hilang kontaknya kapal motor yang ditumpangi 11 orang penumpang, diperoleh dari Ditpolair Polda Sulsel. Kapal disebutkan berangkat dari Pelabuhan Paotere, Kota Makassar, sejak Minggu (31/5) lalu.

Kapal sedianya dijadwalkan kembali ke Makassar pada Senin (1/6) kemarin. Namun, keluarga dari salah seorang penumpang kapal tersebut melaporkan bahwa anggota keluarganya belum kembali.

“Kapal mengalami lost kontak di wilayah Perairan Lajjukang. Proses pencarian sejak 12.00 Wita siang tadi masih dilakukan pencarian,” ujar Mustari.

Informasi yang dihimpun dari laporan Basarnas Makassar, dua dari 11 orang yang ikut hilang dalam pelayaran merupakan kru kapal tersebut. Petugas Basarnas Makassar berkoordinasi dengan petugas Ditpolair Polres Pelabuhan, Polda Sulsel dan Dinas Pemadam Kebakaran Makassar masih melakukan pencarian.

Dengan peralatan lengkap, petugas gabungan menyisir lokasi sekaligus titik awal pertama kapal ini berangkat. Sejauh ini, petugas dikabarkan telah menemukan titik kapal hilang kontak bersama seluruh penumpang.

Terpisah, Kapolres Pelabuhan Makassar AKBP Muhammad Kadarislam mengatakan, bahwa seluruh penumpang kapal telah ditemukan oleh petugas SAR gabungan. Hanya saja Kadarislam belum menyebut pasti pukul berapa kapal dan seluruh penumpangnya ditemukan.

“(Ditemukan) bukan di Lajjukang, tapi di Taka Go Sea perairan (Kabupaten) Takalar,” kata Kadarislam kepada Seputar Takalar,

Hasil pemeriksaan sementara, faktor teknis jadi penyebab kapal dan seluruh penumpangnya kehilangan kontak berjam-jam saat dalam perjalan pulang kembali ke Makassar. Seluruh penumpang disebut selamat.

“Mesin kapalnya rusak dan yang lain selamat semua. Sekarang kapal perjalanan menuju ke Makassar ditarik dengan kapal Polair,” imbuh mantan Kapolres Bone ini.

(Myh/ST)

Total Views: 1160 ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *