Posting pekerjaan

60 Tahun Takalar, Ini Harapan Masyarakat

Takalar-ST. Memasuki usia Kabupaten Takalar yang ke 60 tahun merupakan usia yang cukup produktif dalam sebuah pembangunan daerah ke arah yang lebih baik. Setiap Tanggal 10 Februari diperingati sebagai hari jadi Kabupaten Takalar.
Perjuangan panjang masyarakat Kabupaten Takalar, berhasil mencapai puncaknya, setelah keluarnya Undang-Undang RI Nomor 29 Tahun 1959 (LN Nomor 74 Tahun 1959), tentang Pembentukan Daerah-Daerah Tingkat II di Sulawesi Selatan dimana Kabupaten Takalar termasuk didalamnya.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 29 Tahun 1959 itu, maka sejak tanggal 10 Pebruari 1960, TERBENTUKLAH KABUPATEN TAKALAR, dengan Bupati Kepala Daerah (Pertama) adalah Bapak H. DONGGENG DG. NGASA yang juga seorang Pamongpraja Senior.

Dengan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Takalar Nomor 7 Tahun 1990 menetapkan Tanggal 10 Pebruari 1960 sebagai Hari Jadi Kabupaten Takalar

Kabupaten Takalar merupakan daerah dengan garis pantai terpanjang di sulawesi selatan secara letak geografis dan merupakan kabupaten penyangga kota makassar ibu kota provinsi sulsel, Selain penyangga Takalar dikenal sebagai bagian dari “MAMMiNASATA” (Maros Makassar Sungguminasa Takalar) dengan masyarakat yang cukup beragam, Kabupaten yang terkenal dengan tempat wisata pantainya yang menarik.

60 tahun sudah Kabupaten Takalar berdiri, harus diakui bahwa perubahan dan kemajuan yang ada di setiap daerah terkadang berjalan baik dan sebaliknya, begitupun dengan Kabupaten Takalar. Memang sudah seharusnya begitu. Walaupun harapan dan cita cita masyarakat belum sepenuhnya terpenuhi, Mengingat semangat tujuan Kabupaten Takalar yakni membebaskan diri dari segala penjajahan (kemiskinan, kebodohan serta ketertinggalan) dan mewujudkan masyarakat yang merdeka seutuhnya.

Dibawah kepemimpinan H Syamsari dan H Achmad Se’re yang menyongsong semangat tujuan mewujudkan Takalar yang sejahterah dan bermartabat.
Bukan hal yang mudah dalam mewujudkan tujuan ini tanpa adanya dukungan dan kerjasama antara pemerintah dengan masyarakat.
Dalam sebuah pembangunan daerah, masyarakat dituntut untuk menjadi mitra kritis dan strategis guna pertumbuhan pembangunan yang efektif.

Beberapa persoalan masyarakat pun masih belum terselesaikan sampai hari ini, mulai dari permasalahan pengangguran, Akses pendidikan, pelayanan kesehatan, sampai pada persoalan tatanan pemerintahan yang ideal.
Pada usia ke 60 tahun ini butuh keseriusan dalam menyelesaikan permasalahan permasalahan yang terjadi.

Pesatnya perkembangan teknologi menuntut Kabupaten Takalar untuk menjadi daerah yang modern berdasarkan pada prinsip prinsip good governance, Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih baik, Dalam arti yang luas bukan sekedar pada pembangunan fisik semata, melainkan menyiapkan sumber daya manusia yang unggul, agar berhasil menjadikan Kabupaten Takalar yang Sejahtera, Religius dan Bermartabat.

Dalam hari jadi Kabupaten Takalar ini harapan dan keinginan masyarakat semoga dapat terpenuhi seutuhnya, Melihat APBD mengalami sedikit penurunan, semoga kedepannya dapat terserap untuk kepentingan masyarakat yang sesuai tujuan pendirian Kabupaten Takalar dan cita-cita para pendahulu kita.

Sebagai masyarakat, sudah sepatutnya kita merenung untuk daerah Kabupaten Takalar yang kita cintai ini, sama sama mewujudkan Takalar yang lebih merdeka.

Sebagai refleksi hari jadi Kabupaten Takalar, pemerintah harus benar benar menjadi pelayan bagi masyarakatnya, dan tidak alergi terhadap persoalan masyarakat.
Agar mampu mengangkat kesan positif yang berkualitas, bahwa pemerintah dan masyarakat saling membantu membangun pertumbuhan di berbagai sektor,
Serta bersama sama menyelesaikan problematika keumatan.

Selamat ulang tahun Kabupaten Takalar butta panrannuangku yang ke-60 tahun semoga kita bisa bersama-sama berkolaborasi untuk Takalar kedepan sesuai tema Hut ke 60 (Kolaborasi untuk Takalar maju).

Semoga tujuan pembangunan Kabupaten Takalar berorientasi pada kebutuhan dasar yang menjadi harapan dan keinginan masyarakat Takalar seutuhnya.

Risman Hasan Dg.Lalang
(Masyarakat Takalar)

Total Views: 665 ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *