Posting pekerjaan

Bupati Takalar Resmikan Gedung PSC 119

TAKALAR – Bupati Takalar Syamsari, S.Pt. MM, secara langsung melakukan persemian Gedung Publik Safety Center (PSC) atau pusat pelayanan kesehatan terpadu dengan ditandai penandatanganan Prasasti dan pengguntingan pita di pintu utama Gedung PSC 119 serta pemotongan nasi tumpeng, di Jalan Kemakmuran Kecamatan Pattallassang, Senin (28/12/2020) pagi.

Melalui Dinas Kesehatan Takalar, Gedung PSC 119 tersebut bertujuan untuk lebih meningkatkan pelayanan keselamatan bagi masyarakat.

“Kita sama-sama bersyukur dengan supporting dari pemerintah pusat dan provinsi, kita sudah saksikan bersama untuk pencapaian IPM yang terdiri dari pendidikan, kesehatan dan ekonomi yang artinya sehat secara terdidik, sehat badan dan sehat perekonomiannya,” kata Bupati Syamsari.

Bupati Takalar, Syamsari

Lanjut dikemukakan bahwa, dengan salah satu amanah RPJMD yakni peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, dengan fasilitas yang ada semoga pemerintah bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“PSC dan perbaikan manajemen di puskesmas itu mendorong untuk pelaksanaan amanah dari RPJMD untuk melakukan home care yang dibantu oleh kader kesehatan yang juga bersedia untuk melayani masyarakat hingga ke rumah. Seluruh yang dilakukan ini dalam rangka implementasi RPJMD,” tuturnya.

Dijelaskan Bupati, pusat pelayanan kesehatan lebih terstandar menurut peraturan Menteri kesehatan yang dulunya belum tertata bangunannya, kini kita sudah tata dengan baik menurut Permenkes termasuk ide pendirian PSC, karena di dalam RPJMD dan program strategis itu diamanahkan untuk melakukan home care, perawatan dan jemput ke rumahnya.

“Kita telah menata puskesmas yang ada di Takalar, menambah PSC, kader kesehatan serta berupaya untuk menyesuaikan dengan apa yang dicita-citakan kementerian kesehatan yakni arah puskesmas lebih menanamkan pola hidup sehat, sementara yang sifatnya mengobati itu ke rumah sakit,” tambahnya lagi.

Bupati berharap, semoga dengan adanya gedung PSC 119 ini, pelayanan kesehatan kepada masyarakat lebih ditingkatkan dan lebih maksimal lagi.

Sementara itu, Ketua PSC 119 Takalar Abd. Marhadi, SKM., M.Kes, dalam laporannya bahwa kehadiran gedung PSC 119 ini merupakan salah satu perhatian pemerintah dalam kegawatdaruratan.

Kemudian, lanjut Ketua PSC, banyak masalah yang mendasar terkait masalah kegawatdaruratan medis serta kegiatan lainnya yang berhubungan dengan pelayanan kesehatan yang PSC 119 sudah kolaborasikan dengan lintas terkait.

PSC 119 juga ditunjuk sebagai posko satgas covid 19 sehingga PSC ini melakukan tugas semaksimal mungkin sehingga cukup menekan angka kegawatdaruratan.

“Ini mungkin kado akhir tahun kami dari pemerintah memberikan markas yang sangat bagus, dan juga memberikan 2 unit mobil ambulans yang kami perbantukan di satgas covid untuk evakuasi penjemputan pasien covid,” ujarnya.

Dalam rangkaian acara juga dilakukan penyerahan buku cegah covid 19 dan masker untuk masyarakat, yang diterima oleh masing-masing Camat se Kabupaten Takalar yang selanjutnya akan dibagikan ke warganya masing-masing.

Turut hadir, Wakil Bupati Takalar Achmad Dg. Se’re,S.Sos, para anggota Forkopimda, pimpinan OPD, Sekretaris Dinas Kesehatan bersama staf, Kabag Humas dan Protokol Setda, Dirut RSUD Padjonga Dg. Ngalle, Kepala Puskesmas serta seluruh anggota PSC 119 Takalar.


 

Total Views: 78 ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *