Posting pekerjaan

Di Demo Warga, Lurah Pallantikang Sepakat Menolak Ekploitasi Di Wilayahnya

Seputartakalar.com,–  Puluhan masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Petani Pallantikang, Kelurahan Pallantikang Kecamatan Pattallassang Kabupaten Takalar melakukan aksi unjuk rasa. Kamis,18/06/2020.

Aksi itu dilatar belakangi adanya oknum yang menimbun sungai menggunakan batu yang diduga akan dijadikan akses jalan menuju lokasi pertambangan di Lingkungan Limbungan Kelurahan Pallantikang, Pattallassang Kab. Takalar.

Para pendemo yang sebagian besar terdiri dari kaum perempuan ini terus meneriakkan yel-yel sambil membentangkan sejumlah poster tuntutan.

Mereka mendesak pemerintah kelurahan dan kecamatan untuk segera mengambil tindakan terkait dengan adanya aktifitas ekploitasi alam yang ada di daerah tempat tinggal mereka.

“Kenapa pihak kelurahan dan kecamatan diam-diam saja melihat tindakan penimbunan sungai dan adanya rencana aktivitas pertambangan di wilayahnya? Ada apa?,” teriak salah satu warga.

“Kelurahan Pallantikang termasuk kedalam daerah rawan banjir, dan bukan wilayah zona pertambngan, pemerintah harus tegas,” teriak Lalang dalam orasinya.

Pihak kelurahan dalam klarifikasinya juga menyayangkan adanya kejadian penimbunan sungai dan diduga akan dilakukan aktifitas tambang.

Muh Laut Hikmah (Lurah Pallantikang) mengatakan “Setelah mendengar keluhan warga, kami akan berkoordinasi dengan pihak kecamatandan dinas terkait mengenai masalah ini,” Terangnya.

Mendengar klarifikasi dari Lurah Pallantikang yang tidak meyakinkan, warga pun mendesak untuk melakukan langkah tegas.

“Kami meminta dalam minggu ini ada kejelasan kepada warga, karna kami tidak butuh janji, kami mau bukti bahwa tidak akan ada ekploitasi alam.di wilayah kami yang akan merugikan semua pihak,” teriak warga kembali.

“Pada dasarnya kami pemerintah kelurahan juga menolak, karna ini akan merugikan masyarakat.” Tutup Lurah Pallantikang.

Walaupun sempat bersitegang antara masyarakat dan aparat Kelurahan namun aksi ini tetap berjalan damai setelah dimediasi oleh pihak kepolisian dari Polsek Pattallassang dan Polres Takalar.

(Risman Lalang)

Total Views: 112 ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *