Posting pekerjaan

Dialog Demokrasi, H. Nurdin; Pilkades Serentak di Takalar Harus Dilaksanakan Tahun 2021

Seputartakalar.com, – Himpunan Pelajar Mahasiswa Takalar ( HIPERMATA ) Komisariat UIN Alauddin Makassar melaksanakan kegiatan Dialog Demokrasi dengan tema kacamata demokrasi menuju Pilkades serentak yang berlangsung di Cafe Umbo, Sabtu, 22/8/2020.

Panitia menghadirkan Wakil Bupati Takalar, Ketua Komisi I DPRD Takalar, Ketua KPU Takalar dan Ketua Bawaslu Takalar sebagai narasumber pada dialog.

Muh. Hasbar Marannu selaku Ketua Komisariat HIPERMATA UIN Alauddin Makassar mengucap syukur atas kehadiran narasumber yang dapat memberikan edukasi demokrasi baik pengalaman dalam pelaksanaan dan pengawasan demokrasi serta upaya legislatif dan eksekutif untuk merealisasikan Pilkades Serentak yang menjadi wacana menarik di masyarakat desa se Kabupaten Takalar yang akan dibahas secara dialogis bersama mahasiswa Takalar.

Wakil Bupati Takalar, H. Achmad Dg. Se’re, S.Sos membuka kegiatan dan mengatakan budaya dialogis sangat diperlukan untuk memahami sejauh mana isu dan dinamika yang terjadi di Kabupaten Takalar, tentunya dengan tetap menjaga silaturahmi sesama masyarakat Takalar dan mensupport Pemerintah Daerah.

” Dialog dilaksanakan untuk memperkuat silaturahmi dan membahas dengan sistem kekeluargaan tentang wacana Pilkades serentak yang berkembang di Kabupaten Takalar,”pungkasnya.

Ibrahim Salim selaku Ketua Bawaslu Takalar mengatakan tingkat kecurangan cukup besar diprediksi bisa terjadi pada Pilkades nantinya, meski tidak ada kewenangan Bawaslu dalam pelaksanaan Pilkades, namun edukasi demokrasi dan sharing pencegahan kecurangan pemilihan, Bawaslu membuka ruang diskusi dan sharing bagi mahasiswa dan masyarakat Takalar sambil ngopi di Pojok Pengawasan Bawaslu Takalar.

Senada dengan Ibrahim, Ketua KPU Takalar Muhammad Darwis yang juga senior Hipermata, mengatakan tidak ada kewenangan KPU dalam proses pelaksanaan Pilkades serentak, tapi berharap ada fungsi keterlibatan dan pengawasan mahasiswa mewujudkan demokrasi yang baik di Kabupaten Takalar.

H. Nurdin HS selaku Ketua Komisi I DPRD Takalar mengungkapkan sudah beberapa tokoh masyarakat mempertanyakan kapan pelaksanaan Pilkades Serentak begitupun pada dialog ini, DPRD Takalar sudah beberapa kali mempertegas kepada Pemerintah dan kondisi adanya Covid-19 hingga tahun ini belum dapat terlaksana.

“Karena adanya Covid-19, Pilkades serentak di Kabupaten Takalar tidak dapat dilaksanakan tahun 2020 ini, akan tetapi selaku Ketua Komisi I DPRD Takalar mempertegas harus dilaksanakan tahun 2021,”ujarnya.

Dialog berjalan lancar dengan tetap mengikuti protokoler kesehatan Covid-19 yang dihadiri oleh alumni Hipermata UIN, Ketua PB Hipermata dan jajarannya, beberapa Kepala Desa dan tokoh masyarakat Kabupaten Takalar.

Total Views: 296 ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *