Posting pekerjaan

H-1 Masyarakat Antusias Sambut Perayaan HUT Gaukang Karaeng Galesong ke 259 Tahun

TAKALAR-ST. Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun Gaukang Karaeng Galesong yang ke 259 tahun yang di pusatkan di Istana Balla lompoa Karaeng Galesong, kamis 19 April 2020 ( Besok )

Gaukang karaeng galesong atau yg sering disebut “Attamu Taung” merupakan acara tahunan yang selalu dilaksanakan setiap malam jumat terakhir dibulan rajab, gaukang Bermulah dari sebuah peristiwa gaib yang diyakini terjadi sejak 259 tahun yang lalu.

Berawal dari temuan gaib “papekang” (pemancing) yang kemudian olehnya dilaporkan kepada seorang tokoh masyarakat bernama “Daengta lowa-lowa”. Temuan gaib itu berupa suara bunyi-bunyian yang sangat khas yaitu gendang, royong, puipui lesung dan berbagai macan suara lainnya, adakalanya suara itu dekat dan adakala suara itupun terasa sangat jauh. Akan tetapi Atas dasar kebesaran Allah SWT, saat matahari terbit, dari perantauannya sang papekang dikejutkan dengan kemunculan benda aneh diatas pangkuannya.

Peristiwa inilah yang setiap tahun diperingati sebagai Gaukang Karaeng Galesong. Dimana Gaukang dijadikan sebagai lambang pemersatu masyarakat.

Biasanya sebelum ritual Gaukang dilaksanakan, masyarakat akan berbondong-bondong ke Balla Lompoa ri Galesong dengan membawa “Bilang Ulu” yaitu berupa bahan makanan khas makassar seperti beras ketan (Asepunu), Telur /ayam, Pisang dan lain-lain sebagai wujud rasa syukur dalam memperingati Hut Gaukang Karaeng Galesong.

Seperti yang terlihat hari ini antusias masyarakat galesong dalam menyambut hari gaukang begitu besar . Masyarakat berbondong-bondong membawa “Bilang Ulu” untuk menyambut datangnya hari Gaukang karaeng Galesong.

(Red)

Total Views: 517 ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *