Posting pekerjaan

Ketua GPK Kecewa Atas Sikap Bupati Yang Tidak Menghadiri Sidang Paripurna Hak Interplasi DPRD Takalar

Seputartakalar.com – Takalar -DPRD Kabupaten Takalar akhirnya menggelar rapat paripurna penggunaan hak interpelasi, Jumat (2/10/2020) siang.

Rapat paripurna dimulai pada pukul 14:00 WITA di Ruang Paripurna DPRD Takalar. Bupati Takalar Syamsari Kitta yang sejatinya datang memberikan keterangan rupanya tidak hadir.

Orang nomor satu Pemkab Takalar itu diwakili oleh Plh Sekretaris Kabupaten, Rahmansyah Lantara.

Dalam kesempatan tersebut, sejumlah legislator beberapa kali melayangkan interupsi mempertanyakan ketidakhadiran Syamsari Kitta.

hak interpelasi yang sudah diatur dalam Pasal 20A ayat (2) UUD 1945. Melalui penggunaan hak itu, DPR dapat meminta keterangan kepada Pemerintah.

Untuk menggunakan hak interpelasi; menurut Pasal 194 dan 195 UU Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3), diperlukan usul dari minimal 25 orang anggota DPR yang berasal dari lebih dari 1 fraksi, untuk disampaikan kepada Pimpinan DPR. Usulan itu menjadi hak interpelasi apabila mendapat persetujuan dari rapat paripurna DPR yang dihadiri lebih dari 1/2 (satu per dua) jumlah anggota DPR dan keputusan diambil dengan persetujuan lebih dari 1/2 (satu per dua) jumlah anggota DPR yang hadir.

3 masaalah pokok yang dipertanyakan DPRD Takalar ke Bupati Kab. Takalar.

1. Program/janji Pemerintah kepada Rakyat. (P22)
2. Pelayanan/ anggaran yg lambat.
Rumh jabatan yg tertutup buat Rakyat yang nota bene menggunakan anggaran negara.
3 masalah ASN. Mutasi tidak pernah berhenti.

Tetapi apalah daya, bupati kabupaten takalar hanya memandataris PLH Sekretaris Kabupaten, rakyat takalar sangatlah kecewa dengan sikap pak bupati karena, bukan sekretaris yang membuat janji kepada rakyat takalar saat momentum pemilihan bupati beberapa tahun silam. Artinya bahwa beda kepala beda isi. “Tegas Ketua PC GPK Takalar saat di temui di halaman Kantor DPRD Takalar”

menegaskan bahwa ketidak hadiran bupati adalah bukti prilaku ketidak sopanan seorang bupati kepada masyarakat sebab yang mengundang adalah rakyat takalar diwakili oleh DPRD, Namun diabaikan. “Tutup Ketua PC GPK Takalar”

Total Views: 153 ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *