Posting pekerjaan

Puma Scout Assalam Melantik 17 Pramuka Bantara

Takalar-ST. Pramuka Penegak adalah anggota gerakan Pramuka yang sudah memasuki jenjang umur 16 – 20 tahun. Ada beberapa tingkatan dalam Pramuka Penegak yaitu Pramuka Penegak Bantara, dan Pramuka Penegak Laksana dimana tingkatan tersebut Penegak Laksana adalah tingkatan tertinggi dalam Golongan Penegak.

Satuan terkecil Pramuka Penegak disebut sangga, yang terdiri atas 7 – 10 orang Penegak. Setiap keseluruhan sangga dihimpun dalam sebuah Ambalan, yang dipimpin oleh seorang Pradana(i).

Sabtu (28 Desember 2019), Puma Scout Assalam (MA Assalam Timbuseng Takalar) telah melaksanakan proses kenaikan tingkat Pramuka Penegak menjadi Pramuka Penegak Bantara.

Lokasi pelaksanaan tersebut yakni berada di Wisata Camp Pinus Selow Bissoloro. Pelantikan ini adalah Kegiatan Pelantikan pertama kalinya yang telah dilaksanakan oleh Puma Scout Assalam.

Jumlah peserta yang mengikuti  sebanyak 2 sangga. Setiap sangga terdiri dari 7-10 anggota sangga. Persiapan beserta pemberangkatan peserta dilaksanakan seusai Sholat Dzuhur.

Banyak sekali kesan yang dirasakan oleh peserta, maupun panitia dalam kegiatan tesebut. Seperti suka, duka, serta kebersamaan yang telah dilalui bersama. Seluruh peserta telah merasakan banyak manfaat yang diterima dari kegiatan Penempuhan dan Pelantikan Bantara.

Diantaranya melatih disiplin, tanggung jawab, solidaritas, kerja sama, serta usaha yang gigih untuk meraih kesuksesan.

Untuk kenaikan tingkat dalam suatu Kepramukaan dibutuhkan usaha yang keras pula. Agar dapat dilantik menjadi Pramuka Penegak Bantara, peserta harus menempuh dan menyelesaikan seluruh point dalam Syarat Kecakapan Umum (SKU) Penegak Bantara.

Materi dari Syarat Kecakapan Umum (SKU) Pramuka Penegak Bantara terdiri atas 23 nomor ujian. Diantaranya tentang keagamaan, sikap, perilaku, sosial, dan lain sebagainya.

Minggu (29 Desember 2019), Seluruh anggota sangga Puma Scout Assalam yang berjumlah kurang lebih 17 peserta telah resmi dilantik menjadi Pramuka Penegak Bantara dengan memasangkan Badge Bantara pada pundak kanan dan kiri setiap peserta.

Kak Pali (Pembina) mengatakan dalam arahannya pada saat upacara pelantikan bahwa dengan telah terlaksanakannya kegiatan ini, diharapkan seluruh peserta dapat mengamalkan seluruh point kebaikan dalam SKU yang telah diselesaikan, serta menjunjung tinggi nilai moral, akhlak, dan perilaku, agar senantiasa membawa nama baik Puma Scout Assalam Pangkalan MA Assalam Timbuseng di manapun mereka berada.

(Yunus)

Total Views: 212 ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *